Mengirimkan Coffee Truck melalui GIFTIFAN



Apa itu support project Coffee truck?

Support project coffee truck adalah ketika penggemar mengirimkan truk yang menyediakan topi dan makanan untuk mendukung aktor atau anggota kru, biasanya di lokasi syuting acara, drama, atau film. Ini telah menjadi cara bagi para fans untuk mengirimkan dukungan kepada artis favorit mereka. Karena disebut Coffee Truck, dukungan ini tidak terbatas pada menyediakan kopi saja, namun juga mencakup berbagai minuman dan makanan ringan lainnya, dan bagian luar coffee truck bisa dihiasi dengan spanduk pesan dukungan dari penggemar atau bisa juga dihiasi foto selebriti yang ingin didukung. Support jenis ini sangat umum di Korea dan merupakan favorit penggemar.


Bagaimana cara kerja support project Coffee Truck?

1. Periksa ketersediaan dengan agensi

Beberapa agensi mengizinkan penggemar untuk mengirimkan coffee truck di proyek artis mereka, namun ada juga agensi yang tidak memperbolehkan. Beberapa agensi mungkin mengumumkan tentang izin dukungan cofee truck melalui pengumuman di situs web agensi, tetapi jika tidak ada pengumuman, Anda perlu mengirim email untuk memeriksanya. Sebelum memulai penggalangan dana, sangat disarankan agar Anda memeriksa ketersediaan penggalangan dana Anda. Disarankan agar Anda memeriksa ketersediaan penggalangan dana Anda terlebih dahulu.

2. Penggalangan dana

Sebagian besar penggalangan dana & support project diorganisir oleh fanbase atau fanclub. Mereka mengumpulkan uang dari orang-orang di dalam klub penggemar mereka yang ingin berpartisipasi dalam proyek. Jika Anda tidak tergabung dalam klub penggemar, Anda juga dapat mengunggah pengumuman penggalangan dana di media sosial untuk menggalang dana secara global. 

Jumlah uang yang perlu Anda kumpulkan tergantung pada menu yang disajikan, tetapi biasanya minimal Anda harus menyediakan sekitar Rp 8-9 juta untuk 150 porsi kopi saja.

Jika Anda menambahkan makanan ringan, Anda bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp 2-3 juta. Tergantung pada menu yang Anda pilih harganya bisa berubah, jadi disarankan untuk mengumpulkan uang yang cukup. 



3. Memilih vendor coffee truck

Informasi mengenai aneka vendor coffee truck melalui media sosial atau pencarian di internet. Untuk mengetahui penawaran harga & menunya, biasanya dengan cara menghubungi vendor coffee truck terlebih dahulu.

Kemudian, setelah mendapat persetujuan serta info tanggal & lokasi syuting agensi, seluruh informasi tersebut dapat akan diteruskan ke vendor coffee truck untuk dapat dilaksanakan. 

4. Menjalankan proyek coffee truck

Pada tanggal yang dijadwalkan, mobil coffee truck akan tiba di lokasi syuting atau venue acara untuk menyajikan minuman dan makanan ringan untuk para artis, pemeran  dan para kru/staf. Selain menikmati hidangan kopi dan camilan yang disediakan, mereka juga akan bisa melihat spanduk & dekorasi berisi pesan dukungan dari penggemar  yang akan mencerahkan suasana di lokasi syuting. Para artis sendiri bahkan dapat datang dan memesan minuman. Jika beruntung, artis yang bersangkutan bisa saja mengambil foto dan mengunggahnya di media sosial.

5. Promosi media sosial

Vendor coffee truck akan mengirimkan foto-foto dari acara tersebut, dan setelah menerimanya Anda dapat mengunggahnya ke klub penggemar dan komunitas Anda untuk berbagi kegembiraan tentang keberhasilan proyek tersebut. 

Dukungan coffee truck adalah cara yang bagus untuk mempererat ikatan antara idola dan penggemar mereka, dan juga berfungsi sebagai cara untuk menyemangati lokasi syuting, dan ini menjadi semakin populer, tidak hanya di Korea, tetapi juga di luar negeri.


Keuntungan menjalankan coffee truck project di GIFTIFAN


GIFTIFAN adalah platform fandom K-POP yang menyediakan kemudahan proses dukungan bagi bintang K-pop mulai dari penggalangan dana hingga pelaksanaan project. 

1. Penggalangan dana

Kami memudahkan klub penggemar, individu, dan siapa saja untuk menggalang dana di GIFTIFAN. Penggalangan dana menjadi transparan, sederhana, dan mudah dengan GIFTIFAN.

2. Bisa custom desain

Saat menjalankan coffee truck atau food truck, tentu akan ada kebutuhan-kebutuhan desain seperti desain spanduk, banner, dan elemen-elemen lain yang akan terpasang di mobil truknya. Jika teman-teman menjalankan proyek melalui  GIFTIFAN, teman-teman klub penggemar bisa menyiapkan materi desain sendiri sesuai keinginan teman-teman agar semua pesan yang diinginkan bisa tersampaikan. Atau apabila teman-teman mengalami kesulitan dalam membuat desain, desainer profesional GIFTIFAN juga siap  membantu. 



3. Berhubungan dengan agensi

Kami memahami bahwa Anda mungkin mengalami kesulitan berkomunikasi dengan agensi yang menaungi artis idola Anda, terutama karena perbedaan waktu dan hambatan bahasa antara Korea dan Indonesia. Jangan khawatir tentang komunikasi dengan agensi, GIFTIFAN akan mengurusnya untuk Anda.

4. Mengatur dan menghubungi vendor coffee truck teh kopi

Jika Anda mengetahui informasi tentang vendor coffee truck/food truck yang 'recommended', boleh beri tahu kami ya! Kami akan menghubungi mereka dan mengaturnya untuk Anda. Jika Anda kesulitan menemukan vendor food truck maupun coffee truck, kami akan merekomendasikan beberapa vendor andalan!

5. Dapatkan foto hasil project

Kami akan mengatur dan mengirimkan foto dan video hasil pelaksanaan project Anda. Hasil foto dan video bukti dukungan akan diperbarui di aplikasi dan dipromosikan di media sosial GIFTIFAN.


Apa yang harus dipastikan saat mencari tahu tentang vendor food truck?

1. Biaya perjalanan

Biaya perjalanan bervariasi tergantung pada lokasi acara/syuting. Ada biaya perjalanan dasar, dan ada biaya tambahan tergantung pada jarak, dan jumlahnya bervariasi di setiap vendor kopi/makanan, jadi Anda harus memeriksanya terlebih dahulu.

2. Ketersediaan listrik

Adanya tempat pengisian listrik sangat penting dalam melaksanakan food truck project. Anda harus bertanya apakah lokasi kegiatan memiliki catu daya listrik dan menginformasikannya kepada perusahaan vendor coffee truck. Jika tidak ada catu daya listrik, mungkin akan perlu untuk menambah biaya generator dapat ditambahkan, atau beberapa menu teh atau kopi mungkin tidak dapat diproses sama sekali, jadi penting untuk memeriksanya terlebih dahulu.

3. Hasil print

Sering terjadi, agensi secara tiba-tiba mengabari jadwal kapan boleh kirim coffee truck di 2-3 hari sebelum hari yang mereka tentukan. Jadi sebaiknya Anda sudah menyiapkan panduan desain untuk pegangan Anda (stiker, spanduk, bingkai, dll.) terlebih dahulu. Biasanya ide yang baik untuk mengirim kafe Anda setidaknya 3 hari sebelum acara untuk memastikan bahwa mereka memiliki gambaran yang baik tentang apa yang diharapkan. Hal ini karena biasanya perlu mengirimkan file draf desain untuk dicetak ke vendor coffee truck setidaknya tiga hari sebelum acara agar proses berjalan lancar.

4. Pilih menu

Setelah mendapatkan informasi dari agensi tentang seberapa banyak orang/staf yang harus disediakan makanan atau minuman, Anda bisa menetapkan jumlah pesanan minuman dan makanan ringan yang akan disediakan melalui food truck dan coffee truck.
Untuk minuman, kami merekomendasikan untuk menyediakan 150% (1,5 kali lipat) dari jumlah orang, atau bahkan 200% (2 kali lipat) di bulan-bulan musim panas.
Sedangkan untuk makanan ringan, jumlahnya bisa didasarkan pada jumlah orang, serta Anda dapat memesan satu set khusus hanya untuk artis.

5. Permintaan tambahan

Jika Anda memiliki hadiah khusus yang ingin Anda berikan kepada artis, Anda harus mengoordinasikannya terlebih dahulu dengan penyelenggara. Kami menyarankan agar hadiah tersebut datang 1-2 hari sebelum acara.



Vendor Coffee Truck yang Kami Rekomendasikan 


Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh tim GIFTIFAN, kami merekomendasikan 3 vendor food truck atau coffee truck:

1. Yoon Truck - Kedai kopi ini telah memenangkan hati banyak orang dengan churros handmade khas mereka, roti bungeoppang, dan makanan ringan lainnya. Mereka telah berbisnis selama lebih dari 10 tahun dan menawarkan layanan berkualitas. Vendor ini menjadi andalan staf kami!


2. Support Truck - Menu andalan mereka adalah sate ayam yang dipanggang langsung di tempat dan rasanya lebih enak. Vendor Support Truck terkenal dengan kelebihan mereka dalam menghidupkan suasana.


3. Coffee Nyooong - Vendor ini terkenal dengan secangkir teh dan kopi dari mereka yang menghangatkan, sehangat layanan mereka. Vendor ini juga memiliki reputasi bagus di kalangan penggemar yang pernah mengadakan project coffee truck, sehingga kami juga ingin merekomendasikannya untuk Anda.
Jika Anda memiliki penjual teh kopi favorit atau ingin lebih banyak rekomendasi, silakan hubungi tim GIFTIFAN!


💖 Download GIFTIFAN sekarang
Android: https://bit.ly/43oeE9A
iOS: https://apple.co/4alI0ry

댓글